Tips Mengatasi Failed To Create Bus Connection: No Such File or Directory

Awalnya diterbitkan di: Tips Mengatasi Failed To Create Bus Connection: No Such File or Directory • Blog Situstarget

Pada saat saya melakukan pengaturan zona waktu untuk VPS Ubuntu baru. Saya mendapatkan pesan error seperti ini Failed to create bus connection: No such file or directory.

Untuk pengaturan waktu dan tanggal berdasarkan zona waktu Jakarta di Virtual Private Server, seharusnya tidak sampai satu menit bisa diselesaikan.

Namun, beberapa tutorial di internet, banyak yang mengulas cara memperbaiki masalah failed to create bus connection ini, lebih kepada pembahasan tekait docker.

Kebetulan pada VPS ini saya sedang tidak menggunakan teknologi docker. Karena memang VPS tersebut baru saya buat dengan OS Ubuntu kosongan, dan masih menggunakan zona waktu negara Singapura.

Ternyata untuk memperbaiki kasus, yang di mana pada saat kamu mengetikan perintah “sudo timedatectl set-timezone Asia/Jakarta” pada SSH lalu muncul pesan error di atas, yang perlu kamu lakukan yaitu hanya mengatur hostname saja.

Cara Mengatur Hostname Di Server Ubuntu 20.04 LTS Manual

Cara memperbaiki error failed to create bus connection: no such file or directory pada OS Ubuntu 20.04 LTS.

Total Time: 3 menit

Login SSH Sebagai Root

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu login sebagai root atau menggunakan user yang memiliki kemampuan menjalankan perintah sudo. Setelah itu, jalankan perintah ini: sudo su.

Mengatur Hostname Secara Manual Di Server Ubuntu

Selanjutnya, cara mengatur hostname manual yaitu dengan menggunakan perintah nano /etc/hostname.
Lalu, masukkan nama hostname kamu. Misalnya adalah server.robierwinsetiawan.com.

Cara Menemukan IP Lokal Server

Untuk mengetahui alamat IP lokal server, kamu bisa jalankan perintah berikut di SSH, yaitu ip a. Setelah mengetahui berapa alamat IP lokal server kamu, masukan ke file hosts pada poin kelima.

Tambahkan IP Lokal dan Nama Host

Sekarang tinggal kamu tambahkan saja alamat IP lokal server dan hostname yang telah kamu buat sebelumnya. Misalnya saja 192.0.0.2 server.irobierwinsetiawan.com.

Lalu Edit File Hosts

Setelah itu, kamu tinggal menambahkan IP lokal server kamu dan hostname yang tadi kamu sudah buat pada file /etc/hosts. Cara mengeditnya bisa juga dengan perintah nano, jadi nano /etc/hosts.

Nah, dengan cara ini seharusnya error Failed to create bus connection: No such file or directory sudah tidak ada lagi.

Jika masih belum bisa juga dengan cara di atas, coba jalankan perintah ini apt install dbus -y.

Semoga bermanfaat, kalau berhasil jangan lupa kamu share artikel ini ke yang lain juga ya.